Minggu, 14 Maret 2010

Sony AK vs Sony Corp.

0 Comments

Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa saya memposting ini bukan karena ikut-ikutan media lain tetapi semata-mata hanya ingin mengutarakan pendapat :)

Saya baru dengar berita ini dari Apa Kabar Indonesia. Jujur saya bingung, saya tidak tahu topik apa yang dibicarakan, tetapi setelah Pagi Indonesia memberikan judul "SONY AK VS SONY CORP, BLOG MILIK SONY AK DISOMASI SONY CORP", saya langsung penasaran dan menyoba menyimak berita ini lebih serius.

Banyak pertanyaan yang muncul di otak saya, "siapa itu Sony AK?" dan "apa yang dimaksud dengan 'disomasi' ?". dan ternyata Sony AK adalah pemilik blog Sony AK Knowledge Center yang memanage blognya untuk sharing-sharing di bidang IT. sedangkan 'disomasi' adalah seperti mengajukan keberatan. Lalu mengapa Sony Corp mengajukan keberatan kepada Sony AK ?. Menurut kabar yang beredar, Sony Corp mengajukan keberatan kepada Sony AK lantaran blog milik Sony AK memakai domain 'Sony'. Mungkin Sony CORP mengira Sony AK akan mengsalahgunakan nama 'Sony' untuk mencari keuntungan. Padahal Sony AK mengaku bahwa dia memakai domain tersebut lantaran itu adalah nama asli. Seperti 10 points yang diberikan oleh Sony AK kepada Sony Corp :


Saya sudah menerima e-mail mengenai keberatan pengunaan nama domain sony-ak.com. Sebelumnya saya ingin menyampaikan beberapa poin mengenai domain tersebut.

  1. Domain sony-ak.com saya daftarkan karena berawal dari nama saya “sony” dari Sony nama depan saya, “-ak” merupakan singkatan dari nama belakang saya “Arianto Kurniawan”.
  2. Domain tersebut sudah saya daftarkan sejak July 28, 2003 (www.whois.sc/sony-ak.com)
  3. Saya mengisi sony-ak.com dengan tulisan-tulisan saya pribadi, karena kompetensi saya di bidang IT dan saya hobby menulis, dan saya suka knowledge sharing maka saya menulis segala sesuatu mengenai IT pada domain tersebut.
  4. Situs sony-ak.com saya beri label Sony AK Knowledge Center karena sebagai media knowledge sharing saya pribadi dengan semua pembaca online di seluruh dunia
  5. Sony AK Knowledge Center mengandung kata SONY tapi Sony AK Knowledge Center bukanlah MEREK.
  6. Sony AK Knowledge Center tidak berbadan hukum dan saya juga tidak ada niat untuk membuat badan hukum atas label tersebut.
  7. Sony AK Knowledge Center juga bukan organisasi dan tidak mendapat profit apa-apa.
  8. Sony AK Knowledge Center juga tidak berhubungan dengan produk-produk “SONY Corporation” Jepang, walaupun di surat Anda menyebutkan bahwa usaha kelas 41 (seputar pendidikan) mungkin bersinggungan dengan konten kita, tapi saya dari dalam hati tidak ada niat sedikitpun untuk sengaja “mendompleng” nama SONY Corporation.
  9. Saya juga tidak ada niat untuk membuat bingung para audience dengan menanggapi
  10. Saya tidak melakukan promosi apapun sejak situs ini berdiri tahun 2003, paling-paling semua berawal dari internet dan masuk search engine.

Demikian beberapa poin yang ingin saya sampaikan mengenai latar belakang domain sony-ak.com yang saya gunakan. Intinya saya mau membuka diskusi mengenai penyelesaian masalah ini.

meskipun begitu, Sony Corp tetap mengajukan keberatan dengan 2 pilihan, yaitu mengganti nama sony atau menghapus domainnya, jika Sony AK tidak memilih salah satu, maka dia akan dibawa ke meja hijau.

Menurut saya, ngapain si Merk Terkenal itu repot-repot ngancem si Pemilik Blog, padahal nama Sony AK itu adalah nama asli dari si Pemilik Blog. Lagian alesan si Merk Terkenal kurang kuat, lagipula si Pemilik Blog jelas-jelas ngomong di Selamat Pagi Indonesia bahwa dia gak mendapatkan profit apa-apa dari situs pribadinya itu. Trus kenapa si merk Terkenal harus merasa terancam ?

itu sih pendapat saya :) lagian bikin kesel juga sih si Merk Terkenal itu. Nah, kita sebagai blogger harus mendukung om Sony AK. Semangat om !!! >.<

0 komentar: