Sabtu, 13 Maret 2010

Kelangkaan Sumber Daya

0 Comments

2. Anda mempunyai anggaran sebesar Rp. 300.000 setiap bulan, sementar anda mempunyai bermacam-macam kebutuhan untuk hidup anda selama satu bulan. Anda harus menentukan secara cermat penggunaan anggaran yang anda miliki agar kebutuhan anda dalam satu bulan dapat dipenuhi secara optimal. Dalam konteks ini, mana yang termasuk dalam kelangkaan sumberdaya dan mana yang termasuk usaha mengelola sumberdaya yang langka secara efisien.

Dalam kasus di atas dapat disimpulkan bahwa ini merupakan kasus kelangkaan sumber daya. Seseorang harus bisa mencukupi kebutuhan hidupnya hanya dengan Rp 300.000 perbukan bulan. Ini berkaitan dengan tingkat kebutuhan manusia yaitu, primer yang merupakan kebutuhan pokok seperti kebutuhan makan dan minum, sekunder yang merupakan pemenuh kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi, dan tersier yang merupakan kebutuhan kemewahan.

Dalam kasus ini, seseorang tersebut harus bisa memprioritaskan kebutuhan yang lebih diperlukan. Seseorang tersebut harus bisa mendahulukan makan dan minum dari pada membeli mobil atau motor, dengan kata lain, orang tersebut harus mendahulukan kebutuhan primer daripada kebutuhan sekunder atau tersier.

Jadi, yang merupakan kelangkaan sumber daya adalah anggaran Rp 300.000 perbulan. Dan yang merupakan usaha mengelola sumber daya yang langka secara efisien adalah penggunaan anggaran Rp 300.000 itu secara cermat, hemat dan memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting agar orang tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidunya.

0 komentar: