Sabtu, 13 Maret 2010

Sistem Ekonomi

0 Comments

7. Sebuah Negara mengelola perekonomiannya dengan menguasa sebagian besar sumberdaya ekonomi yang dimiliki Negara tersebut. Perusahaan-perusahaan yang terdapat di Negara tersebut sebagian besar merupakan perusahaan Negara yang berfungsi mengatur sebagian besar masalah konsumsi, produksi dan distribusi di Negara tersebut. Menurut anda, perekonomian tersebut menganut system ekonomi apa?

Menurut saya, keterangan yang diberikan pada soal di atas kurang mendetail, yang membuat saya sedikit bingung. Tapi saya akan mencoba mengutarakan pendapat saya.

Ada banyak sistem ekonomi di dunia ini, diantaranya adalah :
a. Sistem ekonomi tradisional
b. Sistem ekonomi komando/ terpusat/sosialis
c. Sistem ekonomi pasar/liberal/bebas
d. Sistem ekonomi campuran
e. Sistem ekonomi Pancasila

Itu adalah beberapa sistem ekonomi yang biasa dianut oleh beberapa negara. Tapi di sini saya tidak akan membahas sistem ekonomi itu satu per satu. Tapi saya akan mencoba menganalisis jenis sistem ekonomi apa yang dianut berdasarkan soal di atas.

Menurut saya, dari keterangan yang diberikan, sistem ekonomi yang di anut adalah antara sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi campuran. Saya menyebutkan 2 sistem ekonomi karena saya masih bingung dengan keterangan yang diberikan. Mengapa saya mengatakan demikian ? Kita bahas sedikit tentang sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi campuran.

a. Sistem ekonomi terpusat.
Merupakan suatu sistem ekonomi dimana peran serta masyarakat di dalam kegiatan ekonomi dibatasi oleh pemerintah, pemerintah mengatur semua proses produksi, konsumsi, dan distribusi. Semua faktor-faktor produksi adalah pemilik pemerintah, sehingga untuk pemanfaatannya harus sepengetahuan pemerintah. Cirinya :
1. Faktor produksi dikuasai pemerintah
2. Kegiatan ekonomi diatur pemerintah
3. Tidak ada hak milik pribadi
4. Tidak ada kebebasan berusaha secara individu
5. Jarang terjadi krisis ekonomi
6. Sering terjadi monopoli

b. Sistem ekonomi campuran
Sistem inilahir dari gabungan antara sistem ekonomi terpusat dan liberal. Kebaikan dan kekurangan yang ada di dalam kedua sistem di atas dikaji dan kemudian diambil intisarinya untuk kemudian dibuat sistem baru yang diberi nama sistem ekonomi campuran. Tidak semua negara cocok dengan dua sistem ekonomi di atas secara mutlak, untuk itu sistem ekonomi campuran ini merupakan alternatif yang paling baik, sistem ini menjadi sistem yang berada di tengah-tengah keduanya. Cirinya :
1. Pemerintah dapat mengatur secara langsung pemanfaatan faktor-faktor produksi
2. Secara politik pemerintah membantu dan mengawasi terlaksananya kegiatan ekonomi
3. Faktor produksi milik negara hanya pemanfaatnya diserahkan kepada masyarakat dan diatur oleh pemerintah

Menurut saya, berdasarkan soal di atas, negara tersebut menganut setengah dari sistem ekonomi terpusat dan setengah dari sistem ekonomi campuran. karena, jika negara tersebut menganut penuh sistem ekonomi terpusat, tetapi di soal tidak dijelaskan apakah negara benar-benar memiliki wewenang penuh sebagai pengawas jalannya ekonomi, karena di soal ditulis “Sebuah Negara mengelola perekonomiannya dengan menguasai sebagian besar sumberdaya ekonomi yang dimiliki negara tersebut” maksud saya, sebagian besar di sini adalah negara tidak menguasai semua sumber daya ekonomi.

Sedangkan jika negara tersebut menganut sistem ekonomi campuran, negara tersebut harus menyerahkan sebagian besar masalah konsumsi, produksi dan distribus kepada masyarakat, tetapi dengan pengawasan pemerintah.

*mohon maaf jika analisis saya meleset jauh*

0 komentar: