Sabtu, 13 Maret 2010

Ekonomi Makro & Ekonomi Mikro

0 Comments

3. Sebulan perusahaan memanfaatkan sumber air alam untuk menghasilkan air minum kemasan. Perusahaan yang memproduksi air minum kemasan initermasuk satu-satunya perusahaan ada di pasar. Perusahaan tersebutmenentukan harga air minum kemasan yang dihasilkan dan ia memperolehkeuntungan. Perusahaan lain yang memproduksi air minum kemasanbermunculan karena perusahaan yang terdahulu mampu menciptakankeuntungan. Perkembangan perusahaan air minum kemasan memberikansumbangan (kontribusi) kepada produksi nasional (pendapatan nasional). Di samping itu, munculnya perusahaan yang memproduksi air minum kemasan ini akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dalam konteks ini, mana yang termasuk pembahasan ekonomi mikro dan mana yang termasuk dalam pembahasan ekonomi makro.

Secara teori, ilmu ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan herga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro juga meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.
Sedangkan Ilmu ekonomi makro membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inlfasi, pengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintahan.

Jadi menurut saya, pembahasan ekonomi mikro berdasarkan kasus di atas adalah dimana perusahaan air mineral tersebut dapat memberikan kontribusi kepada produksi nasional sebagai pendapatan nasional dengan memanfaatkan sumber daya alam negeri sendiri. Sedangkan pembahasan ekonomi makro berdasarkan kasus di atas adalah perusahaan air minum tersebut dapat menciptakan keuntungan yang kemudian munculkan perusahaan air minum lain, yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

0 komentar: