Senin, 01 November 2010

Kalimat Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Ilmiah

0 Comments

1. Kalimat ilmiah

Kalimat ilmiah adalah tulisan yang disusun secara sistematis dan logis. Bahasa tulis ilmiah merupakan perpaduan ragam bahasa tulis dan ragam bahasa ilmiah. Kalimat ilmiah biasa digunakan pada laopran, makalah, tesis, disertasi.

Ciri Ragam Bahasa Tulis :
  1. Kosa kata yang digunakan dipilih secara cermat
  2. Pembentukan kata dilakukan secara sempurna
  3. Kalimat dibentuk dengan struktur yang lengkap
  4. Paragraf dikembangkan secara lengkap dan padu
Ciri Ragam Bahasa Ilmiah : cendekia, lugas, jelas, formal, obyektif, konsisten, bertolak dari gagasan, serta ringkas dan padat.

Contoh kalimat ilmiah :

Infeksi cendawan pembentukan mikroza (CPM) akan mempengaruhi serapan hara fosfor oleh tanaman inang melalui akat terutama tanamaa yang tumbuh pada tanah yang kekurangan fosfor yang mungkin oleh adanya hifa eksternal.

2. Kalimat Semi Ilmiah

Kalimat semi ilmiah merupakan kalimat yang membentukan katanya tidak terlalu formal, tidak terlalu mengikuti metode ilmiah, tetapi tetap konsisten terhadap struktur kalimat yang lengkap dan obyektif atas tulisan tersebut. Kalimat semi ilmiah biasanya digunakan pada artikel, editorial, reportase.

Contoh kalimat semi ilmiah :

Rata-rata orang yang gila kerja tidak merasa sakit kendati sedang sakit. Sebaliknya, orang yang hypochondriac selalu merasa sakit kendati sehat. Baron von Munhausen tercatat mahir melakukan peran secara meyakinkan sehingga dokter bedahnya berhasil dikelabui. Pasien begini merasa puas setiap kali dokternya kecele tidak menemukan penyakitnya.

3. Kalimat Non Ilmiah

Kalimat non ilmiah merupakan kalimat yang tidak formal, dari bentuk bahasa, kosa kata, ataupun struktur, tetapi harus tetap memiliki alur yang jelas dalam penulisan. Tidak memiliki unsur semetodis atau sesistematis seperti layaknya kalimat ilmiah atau semi ilmiah. Kalimat non ilmiah biasa digunakan pada dongeng, hikayat, cerpen, novel.

Contoh kalimat non ilmiah :

Di sebuah perumahan, hiduplah seekor kucing berwarna hitam. Nama kucing itu Molly. Ia tinggal di rumah keluarga Jones. Molly selalu memburu dan memakan tikus-tikus yang suka mencuri makanan di dapur keluarga Jones.

Jadi, dalam hal menulis, baik tulisan ilmiah, semi ilmiah atau non ilmiah, kita harus memperhatikan jenis penulisan yang akan kita buat, tema penulisan, kosa kata yang akan digunakan dan sasaran penulisan tersebut, hal itu baik dilakukan agar karya tulis yang kita buat memiliki kesempurnaan dalam berbahasa dan keobyektifan penulisan.

0 komentar: