Kamis, 23 September 2010

Fungsi Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

0 Comments

Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Ia mengatur macam aktivitas kemasyarakatan dan mengarahkan masa depan kita (Gorys Keraf, 1997 : 4).

Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Pada saat kita menggunakan bahasa, kita sudah memiliki tujuan untuk apa bahasa tersebut digunakan. Kita ingin gagasan yang telah kita sampaikan bisa diterima, dipahami, dan dapat perhatian. Dengan begitu, pendapat atau gagasan atas pandangan kita bisa dibeli oleh orang lain. Dan dengan begitu pula, kita bisa lebih mudah bekerja sama dengan mereka.

Pada saat menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, kita juga harus memperhatikan penggunaan kata-kata yang sesuai dengan tingkatan masyarakat. Seperti contohnya, kata makro dipahami oleh orang-orang dengan tingkat pendidikan tertentu, namun kata besar lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum. Dengan begitu, bahasa kita akan lebih komunikatif. Kata makro akan memberikan nuansa lain pada bahasa kita, misalakan keilmuan, intelektualitas.

0 komentar: